PENGEMBANGAN THULU ZAMAN DALAM ACCELERATED LEARNING DI PONDOK PESANTREN MAKTUBA AL-MAJIDIYAH PEMEKASAN

DEVELOPMENT OF THULU ZAMAN IN ACCELERATED LEARNING AT PONDOK PESANTREN MAKTUBA AL-MAJIDIYAH PEMEKASAN

Authors

  • M. Khalilurrahman STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO
  • Abdul Gaffar STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO

DOI:

https://doi.org/10.63353/almaun.v6i1.411

Keywords:

Thulu Zaman, Az-Zarnuji, Pondok Pesantren

Abstract

Penyelenggaraan sebuah lembaga yang singkat serta komersial akan berpengaruh pada proses belajar mengajar siswa utamanya pada pembentukan karakter dibutuhkan waktu yang panjang (long life education) dalam mecetak generasi bangsa. Hasil peneltian menemukan model thulu zaman menurut Az-Zarnuji di Lembaga Pendidikan Islam Maktuba terbagi menjadi tiga hasil penelitian: pertama, waktu yang panjang, kualitas waktu, dan pencapaian target. Kedua, thulu zaman menurut Az-Zarnuji di pondok pesantren Maktuba Al-Majidiyah Palduding Pamekasan dilaksanakan dalam dua aspek senantiasa berpedoman pada metode dan pintar memanfaatkan waktu. Ketiga, faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan thulu zaman dalam accelerated learning meliputi kelengkapan fasilitas belajar-mengajar, keaktifan dan kecakapan guru/pembimbing, pembentukan kelompok belajar, dan kontrol dari pengawas; serta perbedaan latar belakang peserta didik, inkonsistensi metode, dan padatnya waktu kegiatan.

Published

2025-03-31

How to Cite

Khalilurrahman, M., & Gaffar, A. (2025). PENGEMBANGAN THULU ZAMAN DALAM ACCELERATED LEARNING DI PONDOK PESANTREN MAKTUBA AL-MAJIDIYAH PEMEKASAN: DEVELOPMENT OF THULU ZAMAN IN ACCELERATED LEARNING AT PONDOK PESANTREN MAKTUBA AL-MAJIDIYAH PEMEKASAN. Jurnal Al-Maun : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.63353/almaun.v6i1.411