PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMPTI AL-HIDAYAH KUTOREJO
DOI:
https://doi.org/10.63353/journaljmpi.v4i2.512Keywords:
Kepala Sekolah, , Motivator, Motivasi Kerja GuruAbstract
Peran kepala sekolah sebagai motivator merupakan aspek krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya terkait motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai motivator serta dampaknya terhadap motivasi kerja guru di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan dalam membangun komunikasi, memberi kesempatan berinovasi, mengatur kelompok kerja sesuai kemampuan, serta memberikan penghargaan. Dampaknya, motivasi kerja guru meningkat, ditunjukkan oleh peningkatan tanggung jawab, efektivitas kerja, pemberian umpan balik, serta terciptanya rasa aman dan nyaman. Pembahasan penelitian ini diperkuat dengan teori kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru yang relevan lima tahun terakhir.
References
Aditya, E., dkk. (2023). Peningkatan kreativitas kerja guru melalui motivasi kerja, kepribadian, dan kepemimpinan visioner. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45–57.
Agustini, R. (2021). Lingkungan kerja kondusif sebagai faktor motivasi guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 88–97.
Fitriani, N. (2021). Kepemimpinan motivasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(1), 55–66.
Hamzah B. Uno. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Handriyani, D., Sutanto, A., & Prakoso, B. (2020). Peran kepala sekolah dalam memotivasi guru: Tinjauan teoretis dan praktis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 210–220.
Mulyasa, E. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, F., & Yusuf, A. (2020). Kepemimpinan partisipatif dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 7(2), 101–112.
Suhardirman. (2023). Upaya peningkatan motivasi kerja guru melalui model kepemimpinan visioner. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 65–79.
Uno, H. B. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusrijal, Y., et al. (2022). Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan motivasi kerja guru. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(4), 120–132.
Veithzal Rivai Zainal. (2014). Islamic Human Capital Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.