ANALISIS KEPEMIMPINAN VISIONER BERBASIS NILAI TAUHID DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.63353/journaljmpi.v4i2.520Keywords:
kepemimpinan visioner, tauhid, pendidikan Islam, nilai-nilai kepemimpinan, manajemen pendidikan, kepemimpinan visionerAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan visioner berdasarkan nilai tauhid di lembaga pendidikan Islam. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana tauhid berfungsi sebagai landasan spiritual dan manajerial bagi para pemimpin dalam mengarahkan visi kelembagaan, pengambilan keputusan, dan transformasi pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner yang berlandaskan tauhid mengintegrasikan kesadaran spiritual, tanggung jawab etis, dan inovasi strategis dalam manajemen pendidikan. Model kepemimpinan ini tidak hanya memperkuat budaya organisasi dan motivasi guru, tetapi juga memastikan bahwa tujuan pendidikan tetap selaras dengan nilai-nilai moral Islam dan pengembangan manusia yang holistik.
References
Aisyah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Al-Faruqi, IR (2020). Tauhid: Implikasinya terhadap Pemikiran dan Kehidupan. Herndon, VA: Institut Pemikiran Islam Internasional (IIIT).
Basri, H., & Rahman, A. (2021). Kepemimpinan Visioner dalam Pendidikan Islam: Integrasi Dimensi Spiritual dan Manajerial. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 9(2), 115–128. https://doi.org/10.1016/j.jies.2021.03.004
Fauzan, M. (2022). Nilai-Nilai Tauhid dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam: Perspektif Manajemen Modern. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 7(1), 34–49. https://doi.org/10.31219/osf.io/kp9v2
Hakim, L. (2018). Kepemimpinan Vi sioner dalam Konteks Pendidikan Islam Modern. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam , 6(2), 56–70.
Hasan, N., & Yusuf, M. (2020). Peran Kepemimpinan Berbasis Tauhid dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam , 13(1), 45–62. https://doi.org/10.20414/altadib.v13i1.2594
Ihya Mubarok, IM, Heru Setiawan, HS, & Ashari, A. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMPTI AL-HIDAYAH KUTOREJO. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 4 (2), 29–40. Diambil dari https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/512
Imam Mu'alim, IM, & Sigit Priyo Sembodo, SPS (2025). PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MI SALAFIYAH DESA NGUJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 4 (2), 1–13. Diambil dari https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/511
Kamaruddin, S. (2019). Konsep Tauhid sebagai Landasan Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam. Jurnal Internasional Pemikiran Islam, 15(1), 87–96. https://doi.org/10.24035/ijit.15.2020.011
Muslih, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Transformasional dan Visioner. At-Ta'dib: Jurnal Kajian Pendidikan , 16(2), 210–226.
Mustofa, A. (2024). MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 3 (2), 191–200. Diambil dari https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/518
Rahman, M., & Khalid, A. (2023). Kepemimpinan Visioner dan Kecerdasan Spiritual di Sekolah Islam. Jurnal Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan , 11(3), 155–170. https://doi.org/10.1080/edulead.2023.456
Robiatul, F. (2024). FILOSOFIS ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 3 (2), 105–113. https://doi.org/10.63353/journaljmpi.v3i2.304
Sulaiman, R., & Hamid, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Praktik Kepemimpinan: Studi Kasus Pesantren. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Sejarah, 51(4), 333–347. https://doi.org/10.1080/00220620.2019.1679942
Yunus, M., & Fauzi, A. (2022). Penguatan Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Nilai-Nilai Ketauhidan. Jurnal Ilmiah Kependidikan Islam (JIKI) , 5(2), 101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.