ANALISIS KEPEMIMPINAN VISIONER BERBASIS NILAI TAUHID DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Deden Mawarji uin raden intan lampung
  • Devi Meila Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Reva Herdiyanti Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Jesica Febrina Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63353/journaljmpi.v4i2.520

Keywords:

kepemimpinan visioner, tauhid, pendidikan Islam, nilai-nilai kepemimpinan, manajemen pendidikan, kepemimpinan visioner

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan visioner berdasarkan nilai tauhid di lembaga pendidikan Islam. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana tauhid berfungsi sebagai landasan spiritual dan manajerial bagi para pemimpin dalam mengarahkan visi kelembagaan, pengambilan keputusan, dan transformasi pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner yang berlandaskan tauhid mengintegrasikan kesadaran spiritual, tanggung jawab etis, dan inovasi strategis dalam manajemen pendidikan. Model kepemimpinan ini tidak hanya memperkuat budaya organisasi dan motivasi guru, tetapi juga memastikan bahwa tujuan pendidikan tetap selaras dengan nilai-nilai moral Islam dan pengembangan manusia yang holistik.

References

Aisyah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Al-Faruqi, IR (2020). Tauhid: Implikasinya terhadap Pemikiran dan Kehidupan. Herndon, VA: Institut Pemikiran Islam Internasional (IIIT).

Basri, H., & Rahman, A. (2021). Kepemimpinan Visioner dalam Pendidikan Islam: Integrasi Dimensi Spiritual dan Manajerial. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 9(2), 115–128. https://doi.org/10.1016/j.jies.2021.03.004

Fauzan, M. (2022). Nilai-Nilai Tauhid dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam: Perspektif Manajemen Modern. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 7(1), 34–49. https://doi.org/10.31219/osf.io/kp9v2

Hakim, L. (2018). Kepemimpinan Vi sioner dalam Konteks Pendidikan Islam Modern. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam , 6(2), 56–70.

Hasan, N., & Yusuf, M. (2020). Peran Kepemimpinan Berbasis Tauhid dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam , 13(1), 45–62. https://doi.org/10.20414/altadib.v13i1.2594

Ihya Mubarok, IM, Heru Setiawan, HS, & Ashari, A. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMPTI AL-HIDAYAH KUTOREJO. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 4 (2), 29–40. Diambil dari https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/512

Imam Mu'alim, IM, & Sigit Priyo Sembodo, SPS (2025). PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MI SALAFIYAH DESA NGUJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 4 (2), 1–13. Diambil dari https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/511

Kamaruddin, S. (2019). Konsep Tauhid sebagai Landasan Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam. Jurnal Internasional Pemikiran Islam, 15(1), 87–96. https://doi.org/10.24035/ijit.15.2020.011

Muslih, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Transformasional dan Visioner. At-Ta'dib: Jurnal Kajian Pendidikan , 16(2), 210–226.

Mustofa, A. (2024). MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 3 (2), 191–200. Diambil dari https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/518

Rahman, M., & Khalid, A. (2023). Kepemimpinan Visioner dan Kecerdasan Spiritual di Sekolah Islam. Jurnal Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan , 11(3), 155–170. https://doi.org/10.1080/edulead.2023.456

Robiatul, F. (2024). FILOSOFIS ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. JURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN , 3 (2), 105–113. https://doi.org/10.63353/journaljmpi.v3i2.304

Sulaiman, R., & Hamid, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Praktik Kepemimpinan: Studi Kasus Pesantren. Jurnal Administrasi Pendidikan dan Sejarah, 51(4), 333–347. https://doi.org/10.1080/00220620.2019.1679942

Yunus, M., & Fauzi, A. (2022). Penguatan Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Nilai-Nilai Ketauhidan. Jurnal Ilmiah Kependidikan Islam (JIKI) , 5(2), 101

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Mawarji, D., Meila, D., Herdiyanti Khoirunnisa, R., & Febrina, J. (2025). ANALISIS KEPEMIMPINAN VISIONER BERBASIS NILAI TAUHID DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 4(2), 50–60. https://doi.org/10.63353/journaljmpi.v4i2.520