MANAJEMEN KARAKTER SANTRI DI MBS MAS MANSYUR NGAWI DENGAN PENDEKATAN METODE JARIMAH HUDUD
Keywords:
Manajemen Karakter, Metode Jariyah HududAbstract
Ketidakhormatan santri kepada pengasuh pondok pesantren disertai dengan kasus pencurian, seks bebas, bullying tawuran dan perkelahian baik dilakukan para santri masih di dalam pondok pesantren ataupun sudah lulus sebagai dampak rendahnya karakter santri yang bernafaskan Qur’ani yang digadang-gadang bangsa dan negara sebagai contoh orang pilihan yang telah di gembleng di kawah candra dimuka atau pondok pesantren yang semestinya seorang santri yang semua aktifitasnya dari bangun sampai tidur lagi berlandaskan oleh syari’at. Tujuan penelitian untuk menganalisis model pembelajaran karakter santri dengan metode jarimah hudud yang ada di pesantren Muhammadiyah Boarding School Mas Mansyur Ngawi apakah sudah efektif untuk mengatasi degradasi moral para santri sekaligus mengkomparasi apakah model modern dan salaf berpengaruh terhadap output lulusan santri.Paradigma penelitian adalah interpretif, pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi data yang dihasilkan dengan metode deskriptif dengan Langkah Langkah: koleksi data, kondensasi data, menyajikan data dan kesimpulan agar keabsahan data dapat dipertanggungjawabkan, maka dilakukan: perpanjangan masa pengamatan, pengamatan terus menerus, triangulasi dan mengadakan member check. Hasil kesimpulan dari penelitian ini MBS Mas Mansyur dalam penggunaan metode jariyah hudud mengalami kesuksesan 95 % dikarenakan background dari pondok sendiri yang banyak mengajarkan hidup sederhana dan backgroubd dari wali santri yang kurang berada jadinya tidak mengada ada dalam kehidupan
References
Arifin, Imron. Kepemimpinan Kyai (Kasus Pesantren Tebuirang). Malang: Kalimasada Press.1993.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
A. Sanusi. Makalah: Daftar Teoritik-Konseptual Karakter. Bandung: Uninus, 2011.
Bogdan Robert S & Sari Knope Biklan, Qualitative Research for Education an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allynan Bacon, 1982
Covey, Stephen R., Kisah Sukses Sekolah dan Pendidik Menggali Potensi Terbesar Setiap Anak, (terj.) Fairano Ilyas, dari judul asli The Leader in Me: How Schools and Parents Around the World Are Inspiring Greatness One Child At a Time. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka, 2009.
Dacholfany, Ihsan, Gaya Kepemimpinan Kyai Dalam Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Jawa Timur. Desertasi, Bandung: Universitas Islam Nusantara, 2011
Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Pedoman diagnostik potensi peserta didik. Jakarta: Depdiknas,2004.
Fathurrohman, Pupuh, AA Suryana, Fenny Fatriany. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.
H, Suderadjat. Pendidikan Akhlak Mulia. Surabaya: CV. Sekar Gambir Asri, 2011.Manajemen Pembelajaran Tematik, Pembelajaran yang mencerdaskan dan berkarakter. Bandung: CV. Sekar Gambir Asri, 2010.
Hadi,Sutrisno. Metodologi Research II (Yogyakarta: Andi Offset, 1994Ihsan, Nur Hadi. Pola Penyelenggaraan Pondok Pesantren Modern: Profil Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, 2002.
Indrawan, Rully. Poppy Yaniawati, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuranuntuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan.Bandung: Refika Aditama, 2014.
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Kemendiknas, 2011.
Lickona, Thomas. Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1992.
Mardiyah, Kepemimpinan Kyai dalam Memelihara Budaya Organisasi, Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 8, No. I, 13.
Muhadjir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial : suatu teori Pendidikan. Yogyakarta: Reka Sarasih, 1987.
Mulyasana, D. Model Pendidikan Pengembangan Karakter. Bandung: PPs. Uninus, 2011
Munir, Abdullah. Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi, 2010.
Murni, Wahid. Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: PPs UIN Malang, 2008.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nasution, Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif.
Bandung: Tarsito, 1996.
Panitia Penyusun, Biografi K.H. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Gontor: Gontor Press, 1996.
P Nucci, Larry, Darcia Narvaez, Hanbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusa Media, 2016.
Riyanto,Yatim. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press, 2007
Steenbrink, Karen A. Pesantren, Madrasah, Sekolah. Jakarta:LP3S.1998.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetha, 2015
Sukmadinata, Nana Syaudih. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Suparlan, Praktik-praktik Terbaik Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Hikayat Publishing, 2012.
Tasripin, Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Berbasis Pembiasaan: Studi Kasus di SDN Sukarame 01 Kecamatan Caringin Kabupaten Garut. Tesis, Bandung: UPI, 2011.
Walid, Muhammad. Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Agama Islam, Jurnal eL- Qudwah, volume 1 nomor 5 edisi April 2011: 9
Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, & Implementasi, Jakarta: Prenadamedia Grup, 2016.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. Manajemen Pesantren: Pengalaman Pondok Modern Gontor. Pon.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.